Lagi belajar Auto Cad 2006 nh,,
Lagi belajar autocad, nemu artikel keren.. begini ceritanya.......
Redraw: digunakan untuk membersihkan layar dari titik-titik bantu saat proses penggambaran
Regen: digunakan untuk melakukan regenerasi gambar.
Regen All: digunakan untuk melakukan regenerasi semua gambar dan semua viewpot.

Zoom: Memiliki beberapa sub perintah yaitu:
Realtime: digunakan untuk melakukan pembesaran secara realtime.
Previouse: diapakai untuk mengembalikan perbesaran layar ke tampak sebelumnya.
Window: melakukan pembesaran pada daerah yang dipilih
Dinamic: Melakukan pembesaran daerah yang dipilih oleh dinamic box.
Scale: Melakukan pembesaran dengan skala tertentu
Center: Mengatur daerah gambar tertentu ke posisi tengah layar AutoCAD.
In: melakukan perbesaran 2 kali lebih besar
Out: Melakukan perbesaran 1/2 kali lebih besar alias memperkecil gambar 2 kali dari ukuran sebenarnya.
All: Melakukan pembesaran semuanya hingga gambar tampil seluruhnya di layar.
Extents: melakukan perbesaran secara extents dimana perintah ini hampir sama dengan zoom all
Pan: Untuk menggeser layar AutoCad, ada 6 pilihan metode yang dipakai:
Real time: menggeser layar secara realtime.
Point: Menggeser layar dengan menentukan titik pergeseran.
Left: Menggeser layar ke kiri dengan jarak tertentu
Right: Menggeser layar ke kanan dengan jarak tertentu
up: Menggeser layar ke atas dengan jarak tertentu
Down: Menggeser layar ke bawah dengan jarak tertentu
Areal View: digunakan untuk menampilkan kotak navigasi layar
Clear screen: merupakan perintah untuk membersihkan layar dari toolbar dan pallet sehingga layar tampil lebih lebar.
Viewports: mempunyai beberapa sub perintah yaitu;
Named Viewports: Menampilkan Viewport yang sudah tersimpan
New Viewports: digunakan untuk membuat Viewport baru
1 Viewport: Mengganti ke viewport tunggal
2 Viewport: Membagi layar menjadi dia bagian (dua Viewport)
3 Viewport: Membagi layar menjadi tiga bagian (tiga Viewport)
4 Viewport: Membagi layar menjadi empat bagian (empat Viewport)
Polygon Viewport: Membuat Viewport berbentuk polygon. Perintah ini hanya bisa dipakai pada mode paperspace.
Object: Membuat Viewport berdasarkan bentuk dari objek tertentu. Perintah ini hanya bisa dipakai pada mode paperspace.
Join: digunakan untuk menggabungkan dua buah Viewport. Perintah ini juga hanya bisa dipakai pada mode paperspace.
Named Views: memgaktifkan view yang telah tersimpan
3D Views: Merupakan fasilitas 3 dimensi. Ada 13 sub bagian yaitu;
Viewpoint presets: Mengatur tampak 3 dimensi dengan mengatur sudut vertikal dan horizontal:
View point: Mengatur tanpak 3D melalui compas tripod.
Plan View: Untuk mengatur tampak atas objek 3 dimensi. Ada 3 cara yang bisa dipakai, yaitu:
Current UCS: Tampak atas didasarkan pada UCS yang aktif
Word UCS: tampak atas didasarkan pada UCS Global.
Named UCS: Plan didasarkan pada UCS yang tersimpan
Top: Mengatur tampak 3 dimensi dari atas
Bottom: Mengatur tampak 3 dimensi dari bawah
Left: Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi kiri
Right: Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi kanan
Front: Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi depan
Back : Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi belakang
SW Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kiri bawah.
SE Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kanan bawah.
NE Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kanan atas.
NW Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kiri atas.
3D Orbit: Untuk mengatur tampak objek tiga dimensi secara real time.
Hide: Untuk menyembunyikan garis tersembunyi dari objek 3D.
Shaded: Untuk mengubah tampak objek 3D ke bentuk citra. Pada perintah shade memiliki 7 sub perintah yaitu;
2D wire frame: Mengembalikan citra tampilan ke bentuk jaringan sebagai citra tampilan standard AutoCAD.
3D wire frame: Mengganti tampak citra ke bentuk wire frame 3D
Hidden: menyembunyikan garis tersembunyi pada objek 3D
Flat shaded: Mengganti citra objek 3D ke bentuk padat dengan permukaan sisi datar.
Gouroud: mengganti citra objek 3D ke bentuk padat dengan sisi halus.
Flat shaded, Edges On: Mengganti citra objek 3D ke bentuk solid dengan sisi datar dan garis sudut yang ditampilkan.
Gouroud, Edges On: Mengubah citra objek 3D ke bentuk padat dengan garis pertemuan sisi yang diperlihatkan.
Render: memiliki beberapa sub bagian :
Render: digunakan untuk melakukan rendering
Scene: Untuk mengatur persiapan rendering dimana dengan scene dapat memilih view, titik cahaya yang akan disertakan pada proses rendering.
Ligt: Untuk membuat dan mengatur sumber pencahayaan
Material: Untuk menyematkan material pada objek
Material Library: Untuk mengambil material dari file material libray sebelum menyertakan pada objek.
Mapping: Untuk mengatur posisi image pada objek disertakan dari proses material.
Background: Untuk menyertakan objek Landscape pada gambar.
Landscape edit: Untuk melakukan editing pada objek landscape.
Landscape Library: Untuk mengambil objek landscape dari landscape library sebelum disertakan ke dalam gambar.
Preferences: Untuk mengatur persiapan rendering baik kualitas jenis rendering serta output yang diingikan.
Statistik: Untuk mengambil semua informasi berkaitan dengan proses rendering yang telah dilakukan
Display: Merupakan perintah untuk menampilkan atau menyembunyikan. Display Utility memiliki 3 sub perintah lagi yaitu;
UCS Icon: Untuk mengatur Icon UCS. Ada tiga piliha setting untuk icon UCS yaitu;
On: Untuk menghidupkan atau mematikan UCS Icon
Original: Untuk memilih titik acuan untuk UCS icon
Properties: Untuk mengatur ukuran UCS icon
Attribute display: Untuk mengatur attribute, yaitu untuk menampakkan dan menyembunyikan jendela command
Text windows: Digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan jendela command
Tollsbar: Menampilkan kotak dialog untuk melakukan pengaturan pada piranti Auto CAD baik tollbar, menu perintah, tombol shortcut dan sebagainya.
Menu View Autocad 2006
Redraw: digunakan untuk membersihkan layar dari titik-titik bantu saat proses penggambaran
Regen: digunakan untuk melakukan regenerasi gambar.
Regen All: digunakan untuk melakukan regenerasi semua gambar dan semua viewpot.

Zoom: Memiliki beberapa sub perintah yaitu:
Realtime: digunakan untuk melakukan pembesaran secara realtime.
Previouse: diapakai untuk mengembalikan perbesaran layar ke tampak sebelumnya.
Window: melakukan pembesaran pada daerah yang dipilih
Dinamic: Melakukan pembesaran daerah yang dipilih oleh dinamic box.
Scale: Melakukan pembesaran dengan skala tertentu
Center: Mengatur daerah gambar tertentu ke posisi tengah layar AutoCAD.
In: melakukan perbesaran 2 kali lebih besar
Out: Melakukan perbesaran 1/2 kali lebih besar alias memperkecil gambar 2 kali dari ukuran sebenarnya.
All: Melakukan pembesaran semuanya hingga gambar tampil seluruhnya di layar.
Extents: melakukan perbesaran secara extents dimana perintah ini hampir sama dengan zoom all
Pan: Untuk menggeser layar AutoCad, ada 6 pilihan metode yang dipakai:
Real time: menggeser layar secara realtime.
Point: Menggeser layar dengan menentukan titik pergeseran.
Left: Menggeser layar ke kiri dengan jarak tertentu
Right: Menggeser layar ke kanan dengan jarak tertentu
up: Menggeser layar ke atas dengan jarak tertentu
Down: Menggeser layar ke bawah dengan jarak tertentu
Areal View: digunakan untuk menampilkan kotak navigasi layar
Clear screen: merupakan perintah untuk membersihkan layar dari toolbar dan pallet sehingga layar tampil lebih lebar.
Viewports: mempunyai beberapa sub perintah yaitu;
Named Viewports: Menampilkan Viewport yang sudah tersimpan
New Viewports: digunakan untuk membuat Viewport baru
1 Viewport: Mengganti ke viewport tunggal
2 Viewport: Membagi layar menjadi dia bagian (dua Viewport)
3 Viewport: Membagi layar menjadi tiga bagian (tiga Viewport)
4 Viewport: Membagi layar menjadi empat bagian (empat Viewport)
Polygon Viewport: Membuat Viewport berbentuk polygon. Perintah ini hanya bisa dipakai pada mode paperspace.
Object: Membuat Viewport berdasarkan bentuk dari objek tertentu. Perintah ini hanya bisa dipakai pada mode paperspace.
Join: digunakan untuk menggabungkan dua buah Viewport. Perintah ini juga hanya bisa dipakai pada mode paperspace.
Named Views: memgaktifkan view yang telah tersimpan
3D Views: Merupakan fasilitas 3 dimensi. Ada 13 sub bagian yaitu;
Viewpoint presets: Mengatur tampak 3 dimensi dengan mengatur sudut vertikal dan horizontal:
View point: Mengatur tanpak 3D melalui compas tripod.
Plan View: Untuk mengatur tampak atas objek 3 dimensi. Ada 3 cara yang bisa dipakai, yaitu:
Current UCS: Tampak atas didasarkan pada UCS yang aktif
Word UCS: tampak atas didasarkan pada UCS Global.
Named UCS: Plan didasarkan pada UCS yang tersimpan
Top: Mengatur tampak 3 dimensi dari atas
Bottom: Mengatur tampak 3 dimensi dari bawah
Left: Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi kiri
Right: Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi kanan
Front: Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi depan
Back : Mengatur tampak 3 dimensi dari sisi belakang
SW Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kiri bawah.
SE Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kanan bawah.
NE Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kanan atas.
NW Isometric: Mengatur tampak object dari sisi diagonal plan kiri atas.
3D Orbit: Untuk mengatur tampak objek tiga dimensi secara real time.
Hide: Untuk menyembunyikan garis tersembunyi dari objek 3D.
Shaded: Untuk mengubah tampak objek 3D ke bentuk citra. Pada perintah shade memiliki 7 sub perintah yaitu;
2D wire frame: Mengembalikan citra tampilan ke bentuk jaringan sebagai citra tampilan standard AutoCAD.
3D wire frame: Mengganti tampak citra ke bentuk wire frame 3D
Hidden: menyembunyikan garis tersembunyi pada objek 3D
Flat shaded: Mengganti citra objek 3D ke bentuk padat dengan permukaan sisi datar.
Gouroud: mengganti citra objek 3D ke bentuk padat dengan sisi halus.
Flat shaded, Edges On: Mengganti citra objek 3D ke bentuk solid dengan sisi datar dan garis sudut yang ditampilkan.
Gouroud, Edges On: Mengubah citra objek 3D ke bentuk padat dengan garis pertemuan sisi yang diperlihatkan.
Render: memiliki beberapa sub bagian :
Render: digunakan untuk melakukan rendering
Scene: Untuk mengatur persiapan rendering dimana dengan scene dapat memilih view, titik cahaya yang akan disertakan pada proses rendering.
Ligt: Untuk membuat dan mengatur sumber pencahayaan
Material: Untuk menyematkan material pada objek
Material Library: Untuk mengambil material dari file material libray sebelum menyertakan pada objek.
Mapping: Untuk mengatur posisi image pada objek disertakan dari proses material.
Background: Untuk menyertakan objek Landscape pada gambar.
Landscape edit: Untuk melakukan editing pada objek landscape.
Landscape Library: Untuk mengambil objek landscape dari landscape library sebelum disertakan ke dalam gambar.
Preferences: Untuk mengatur persiapan rendering baik kualitas jenis rendering serta output yang diingikan.
Statistik: Untuk mengambil semua informasi berkaitan dengan proses rendering yang telah dilakukan
Display: Merupakan perintah untuk menampilkan atau menyembunyikan. Display Utility memiliki 3 sub perintah lagi yaitu;
UCS Icon: Untuk mengatur Icon UCS. Ada tiga piliha setting untuk icon UCS yaitu;
On: Untuk menghidupkan atau mematikan UCS Icon
Original: Untuk memilih titik acuan untuk UCS icon
Properties: Untuk mengatur ukuran UCS icon
Attribute display: Untuk mengatur attribute, yaitu untuk menampakkan dan menyembunyikan jendela command
Text windows: Digunakan untuk menampilkan dan menyembunyikan jendela command
Tollsbar: Menampilkan kotak dialog untuk melakukan pengaturan pada piranti Auto CAD baik tollbar, menu perintah, tombol shortcut dan sebagainya.
Menu View Autocad 2006
1 Comments:
nice..
nyontek dmana tuh...
tp g pa2.. dimulai dgn nyontek..
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home